Ragam Motif Baju Batik

Batik merupakan salah satu aset budaya milik Indonesia. Batik telah dipatenkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya pada tanggal 2 Oktober. Tentu masyarakat memperingati tanggal tersebut sebagai hari batik. Biasanya masyarakat terutama di kalangan pegawai dan pelajar memperingati hari batik dengan mengenakan baju batik. Walaupun demikian baju batik tetap dikenakan oleh masyarakat untuk aktivitas keseharian.

Batik telah menjadi salah satu identitas bangsa Indonesia. Sebagai masyarakat Indonesia, kita harus berpartisipasi dalam melestarikan budaya batik agar budaya tersebut dapat diturunkan serta tidak diklaim oleh bangsa lain. Bentuk partisipasi kita dalam melestarikan batik ialah kita harus bangga ketika mengenakan baju batik. Tak hanya memakai saja, kita juga perlu mengenali batik. Oleh karena itu, kita perlu mengenal ragam dan motif batik sebagai bentuk pasrtispasi kita dalam melestarikan batik.

Motif batik memang sangat beragam. Ragam motif batik menjadi sebuah ciri khas batik dari masing-masing kota pengrajin batik. Berikut ini merupakan beberapa motif batik yang perlu Anda ketahui:

  • Motif sogan

Motif sogan ditandai dengan warna batik coklat muda dan disertai dengan aksen titik serta motif bunga. Selain itu, motif ini juga ditandai dengan adanya lengkungan serta garis. Motif batik sogan berasal dari wilayah Solo dan Yogyakarta. Pada zaman dahulu, batik ini menjadi pakaian identitas para raja kota tersebut karena warnanya yang elegan. Seiring perkembangan zaman, warna batik sogan pun berkembang. Namun perkembangan tersebut tak menyebabkan batik ini kehilangan keunikannya.

  • Motif Priangan

Motif Priangan merupakan ciri khas batik asal Tasikmalaya. Motif tersebut ditandai dengan warna batik yang cerah seperti hijau muda, biru muda, atau merah. Corak batik ini biasanya menggambarkan alam seperti burung, daun, maupun bunga. Corak batik Priangan memiliki kesan motif yang rapi sehingga tak sedikit orang yang gemar mengenakan motif batik ini.

  • Motif Mega Mendung

Batik mega mendung adalah corak batik khas Kota Cirebon. Batik ini ditandai dengan motif mega mendung di atas awan yang cerah. Motif ini biasanya memiliki warna yang cerah sehingga meninggalkan kesan ceria.

Motif di atas merupakan contoh motif batik yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Selain batik tersebut, ada beberapa motif batik lain yang tentu tak kalah unik. Beberapa motif diantaranya motif batik parang Solo, gentongan, dan tujuh rupa.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*